Pemanfaatan Teknologi Informasi bagi Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia

Oleh

Onno W. Purbo & Iping Supriana

Institut Teknologi Bandung, Indonesia

Itbpress@melsa.net.idPurbo@indo-mail.com, Sofia@penerbit.itb.ac.id & Onno@itb.ac.id

http://www.itb.ac.id/

Sari

Beberapa aspek utama dalam pembinaan bahasa Indonesia adalah:

  • Perluasan pemakai bahasa,
  • Pembinaan masyarakat (melalui televisi & media konvensional), dan
  • Penelitian bahasa.

Secara praktis, penggunaan teknologi informasi yang diusulkan diharapkan dapat berkontribusi lebih besar lagi dalam beberapa hal utama, seperti:

  • Paradigma konvensional yang terbatas pada nas (text) dan pandang-dengar (televisi) yang umumnya bersifat satu arah, akan berubah dengan keberadaan teknologi informasi yang sifatnya multimedia dan interaktif.
  • Penggunaan mailing list (saat ini ITB telah menjalankan server mailing list terbesar di Indonesia) untuk media bertukar pikiran yang lebih efektif dalam pembinaan bahasa.

Secara konseptual, jangka panjang dalam perioda penerapan yang lebih lama, diharapkan dapat terbentuk:

  • Pembentukan website yang menyediakan kaidah bangun kalimat dan paragraf bahasa Indonesia yang telah diujicobakan selama ini dalam penataran, kazanah kata dan istilah, serta golongan kata. Selain itu, juga kaidah menyistemkan imbuhan bahasa Indonesia. Lewat cara interaktif, semua itu dapat merupakan dasar bagi pembinaan bahasa Indonesia.

  • Ketersediaan ‘gudang’ (corpus). Sebagaimana yang terdapat dalam lingkungan ITB, khususnya Perpustakaan ITB dan Penerbit ITB, ‘gudang’ ini berupa arsip laporan beraneka jenis, dan bahan yang terkumpul dari berbagai sumber (termasuk hasil penataran menulis dan menerjemahkan buku ajar yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi), yang tersimpan dalam server.

Kondisi infrastruktur teknologi informasi di Indonesia akan dilaporkan secara garis besar untuk meyakinkan bahwa usulan ini sangat mungkin dilaksanakan.

Download artikel

Iklan